Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut nama komponen Kipas Angin dan cara memperbaikinya

Artikel ini di tulis ulang oleh Adiba Service Electronik, pengetahuan dasar tentang nama komponen komponen Kipas Angin beserta fungsi-fungsinya.

Banyak yang belum faham tentang cara kerja dan nama komponen dari kipas angin serta fungsi masing-masing part komponen,baiklah kali ini kami akan memberikan tulisan artikel tentang nama komponen tersebut.

Berikut kami akan detailkan secara sederhana tentang nama komponen kipas angin dan fungsinya di bawah ini :

Secara umum setiap orang sudah dan juga ada yang belum mengerti pengetahuan tentang ilmu dasar elektonika seperti kipas angin ini, alat elektronika ini di kategorikan sebagai alat elektronika sistem pendingin dan cara kerjanya sama dengan gulungan dinamo.Cara kerja alat ini adalah pergerakan yang bersamaan antara elektromagnetik dan listrik dimana komponen dari baling-baling akan menghasilkan putaran angin sehingga dapat memberikan hawa kesegaran bagi yang menggunakannya.

Nama komponen kipas angin

Baiklah kami akan terangkan detail tentang konmponen kipas angin ini secara lengkap dan bertahap, berikut nama komponen dan fungsinya tersebut :


1.Yang pertama adalah komponen kipas angin yang di sebut dengan dinamo penggerak

Pada bagian struktur kipas angin pernan dinamo ini sangatlah penting keberadaannya dan hal paling utama adalah terletak pada dinamo penggerak tersebut,nyatanya apabila tidak ada part ini maka dapat di pastikan kipas angin tidak akan menghasilkan gerakan atau perputaran penghasil angin sejuk.Karena baling-baling yang berputar pertama kali pada dinamo yang terhubung.

Dinamo terdiri dari lilitan kawat tembaga (gulungan ) yang sudah terhitung sekian jumlahnya dan pada kasus kerusakan dinamo yang sering kita jumpai adalah putusnya kawat kecil gulungan pada beberapa jalur,cara memperbaikinya adalah melacak dan mendeteksi kawat yang putus tersebut.Tetapi bagi kebanyakan pengguna adalah hal yang sulit untuk memperbaiki kipas angin tersebut juga dikarenakan belum pernah berpengalaman,bahkan buta akan masalah ilmu elektonika ini.

Maka alangkah baiknya Anda serahkan pada ahli jasa service kipas angin seperti Adiba Service Electronika.

Supaya dinamo dapat bergerak dibutuhkan supply energi untuk bisa menggerakan baling-baling yang disalurkan dan di simpan pada kapasitor,pada bagian kedua kita akan bahas mengani kapasitor ini.

2.Bagian kedua adalah komponen yang disebut dengan Kapasitor

Kapasitor secara umum adalah penyimpan arus listrik atau bank,dimana kapasitor berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan arus secara baik untuk menggerakan kumparan dinamo kipas angin sehingga menghasilkan energi yang stabil dari gulungan dinamo kipas.
Peranan kapasitor sebagai penyimpan arus sangatlah penting sebagai pemutus arus listrik apabila kipas di aliri listrik dan cara kerjanya sangat otomatis.
Biasanya kapasitor yang terdapat pada kipas angin berbentuk kotak berukuran 3 x 5cm dengan nama nilai mikro farad (Uf).Pada bawaaan standarisasi pabrik mempunyai nilai berkisar 1,5 mikro farad (Uf) sampai dengan 3 micro farad (Uf).

3.Yang ketiga adalah komponen baling-baling kipas angin

Mempunyai fungsi sebgai penghisap udara dari luar lalu kemudian mengeluarkannya kembali ke udara melawan arah, pada umumnya terbuat dari plastik pvc ada juga yang terbuat dari bahan alumunium seperti yang terdapat pada kipas angin merk krissbow,national maupun merk lainnya.

⏸ Silahkan Baca Juga : Kursus dan Pelatihan Terapi

Tetapi pada kebanyakan keluaran pabrik adalah menggunakan bahan plastik, karena lebih ringan dan tidak menimbulkan bunyi.Sedangkan untuk baling-baling yang berbahan alumunium biasanya menimbulkan bunyi dan terkadang apabila konslet dapat mengakibatkan kita tersetrum arus listrik.

Jadi paling aman adalah menggunakan baling-baling kipas angin berbahan plastik.

4. Trails adalah pelindung baling-baling kipas angin atau biasa di sebut penutup jaring-jaring

Pada bagian komponen ini terbuat dari kawat alunumunium yang tersusun rapi menyerupai jaring atau mirip dengan parabola yang bentuknya unik seperti tudung saji,berfungsi supaya tangan anak-anak ataupun pengguna tidak terkena putaran baling-baling yang bergerak supaya aman dan tidak terkena tebasan baling-baling kipas angin.

5.Berikutnya adalah cover mesin pada bagian komponen kipas angin yang kelima

Pada umumnya cover mesin terbuat dari bahan isolator yang sangat tahan dengan suhu panas,memiliki fungsi dan kegunaan untuk memberikan dudukan yang baik pada dinamo penggerak dan melindungi.Cover mesin kipas angin juga berfungsi untuk menutupi pasrt yang penting-penting pada kipas angin Anda.

6. Komponen keenam dari kipas angin adalah gear box

Pada bagian belakang kipas angin kita dapat temukan sebuah benda yakni gerigi gerigi atau yang sering di sebut dengan gear box,dan fungsinya tersebut adalah untuk menggerakan arah kipas angin kearah kanan dan kiri secara otomatis bergantian.

Pada kasus tertentu kerusakan pada gearbox sangatlah mudah yakni dengan cara berikan stempet (gemuk) atau minyak oli agar jalannya tidak macet.Tetapi jarang sekali ada kerusakan pada gearbox ini.

Di dalam Gear Box apabila kita membukanya,maka akan kita temukan akan terdapat roda-roda mekanik yang menggerkan kipas menjadi bisa menoleh kekanan dan kekiri.

7. Komponen ketujuh dari kipas angin adalah batang penyangga

Batang penyangga pada kipas angin merupakan komponen yang juga penting untuk kipas angin,memiliki fungsi sebagai tiang atau penyangga.Produksi dan model beberapa keluaran pabrik tentunya akan berbeda-beda,ada yang berukuran pendek ada juga yang berukuran panjang ,tergantung Anda ingin beli yang mana.

Batang penyangga ini merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah kipas angin karena batang penyangga ini memiliki fungsi sebagai tiang untuk kipas angin.

Setiap kipas pasti memiliki batang penyangga ini.

8. Komponen yang kedelapan dari kipas angin adalah panel kontrol

Panel kontrol ini merupakan salah satu komponen dari kipas angin yang memiliki bentuk seperti tombol-tombol yang digunakan sebagai pengatur pengoperasian dari sebuah kipas angin yang kita miliki.

Adapun panel control yang bisa diatur pada masing-masing kipas angin adalah sebagai berikut.
  • Tombol yang berfungsi sebagai saklar power
  • Tombol yang berfungsi sebagai tombol pengatur kecepatan putaran baling-baling
  • Tombol yang berfungsi sebagai lampu indikator yang ada pada sebuah kipas angin
9. Komponen yang kesembilan dari kipas angin adalah colokan dan kabel dari kipas angin itu sendiri

Colokan dan kabel ini memiliki fungsi untuk menghubungkan kipas angin ke aliran listrik sehingga kipas angin dapat bergerak dengan sempurna dan baik. Colokan dari kipas angin ini berbentuk steker dengan adanya 2 batang terminal yang dapat ditancapkan pada stop kontak yang ada di rumah kita masing-masing.

Demikianlah bahasan tentang cara kerja dan bagian komponen dari kipas angin yang kami bahas,semoga bermanfaat dan silahkan berbagi kepada teman-teman Anda untuk menambah ilmu pengetahuan tentang komponen kipas angin.

Dan apabila Bapak/Ibu sekalian yang kedapatan mempunyai kipas angin di rumahnya rusak,jika berminat untuk memperbaikinya segra hubungi Adiba Service Elektonika

Posting Komentar untuk "Berikut nama komponen Kipas Angin dan cara memperbaikinya"