Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan cara kerja mesin cuci serta cara memperbaikinya

Pemahaman berbagai macam jenis model mesin cuci dan cara kerjanya

Pada artikel kami kali ini,kita akan membahas tentang berbagai jenis model dan cara kerja mesin cuci yang sering kita temui di dalam praktek perbaikan service mesin cuci.Sebelum lanjut kepokok bahasan kita, silahkan Anda share dan berikan komen pada tulisan blog ini agar tulisan ini menjadi bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan tentang dunia elektronika dan mesin.

Jenis,cara kerja mesin cuci dan cara memperbaikinya

Buat Anda yang belum faham prinsip cara kerja mesin cuci di blog inilah kami akan berikan sedikit info mengenai mesin cuci dan berbagai macam jenisnya. Ditengah kesibukan dan terbatasnya waktu, Anda yang berprofesi sebagai Ibu rumah tangga ataupun yang bergerak dalam usaha Laundry, mesin cuci mempunyai peranan yang sangat penting.

Jenis dan cara kerja mesin cuci serta cara memperbaikinya

Dikala banyaknya pakaian anak atau suami yang menumpuk kemudian pekerjaan yang lainnya masih banyak dan ini itu yang sering kita temukan kebanyakan Ibu rumah tangga atau asisten rumah tangga dikala mengerjakan suatu pekerjaan ingin sekali menyelesaikannya dalam satu waktu.Maka mesin cuci sangatlah di butuhkan untuk membantu pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Tetapi yang namanya sebuah mesin hasil ciptaan manusia tidak dapat di pungkiri mesin cuci dapat mengalami kerusakan dan kerusakan tersebut dapat di sebabkan oleh berbagai macam hal :
Terlalu banyak beban muatan seperti kain,pakaian yang tidak sesuai takaran untuk mesin cuci dapat mengakibatkan kerusakan
Coba Anda bayangkan cara kerja mesin cuci tersebut sama halnya dengan manusia yang tidak boleh berlebihan.

Naah...setelah mengalami kerusakan tersebut sebaiknya Ibu/bapak semua janganlah panik,biasakan tenang dan sabar lalu telpon saja tukang service mesin cuci jatibening yang pasti adalah Adiba Electro Service yang siap respon dan tanggap untuk menangani keluhan dengan cepat.Kami siap untuk di panggil kerumah,ruko,kantor atau tempat usaha Laundry milik Anda.

Sekarang kita akan menuju kepokok utama pembahasan cara kerja mesin cuci dan berbagai macam jenis-jenis modelnya

Pembaca yang budiman,meskipun setiap hari kita melihat bahkan memakai mesin cuci tetapi kebanyakan dari kita tidak mengetahui bagaimana prinsip cara kerja mesin cuci tersebut.Pada tulisan ini hanyalah sekedar berbagi pengetahuan tentang prinsip cara kerja mesin cuci dan jenis-jenis modelnya.

Apakah pembaca sudah mengetahui tentang cara kerja mesin cuci tersebut !!

Banyak yang belum tahu cara kerja mesin cuci itu seperti apa,sahabat pembaca sering sekali kita menggunakan mesin cuci tetapi kita sendiir belum tahu bagaimana kerjanya sebuah mesin cuci itu.Kita akan lanjutkan bahasan tentang bagaimana cara kerja mesin cuci dan ada berapa jenis.

Oke jadi mesin cuci terbagi menjadi tiga buah jenis, yang pertama adalah mesin cuci otomatis,mesin cuci satu tabung dan dua tabung.

Yang sering kita jumpai mesin cuci yang dipakai untuk laundry kebanyakan adalah mesin cuci otomatis dengan berbagai merk terdiri seperti LG,National,Maspion dan lainya.Kemudian untuk rumah tangga biasa dipakai mesin cuci satu tabung atau dua tabung tergantung pembelian dan selera masing-masing customer tersebut.
Tetapi ada juga yang menggunakan mesin cuci otomatis untuk pemakaian rumah tangga.

Mesin cuci otomatis pada zaman sekarang biasanya menggunakan sistem digital dengan perangkat modul,dinamo besar...pokoknya serba digital deeh.
Tapi masih ada juga sih yang memakai mesin cuci jadul lama karena menurut para customer lebih awet daripada yang digital.Btw itu terserah penilaian customer yaah.
Dan tidak mustahil nantinya akan ada temuan produk mesin cuci yang lebih canggih lagi dari saat ini.

Mesin cuci banyak jenisnya dan cara kerjanya sebenarnya sama saja,hanya yang membedakan adalah cara kerja pada komponen atau modul elektronika yang berbeda-beda dari merknya.

Untuk lebih memahami cara kerja mesin cuci berikut ini kami paparkan :

1. Yang pertama adalah jenis mesin cuci otomatis

Terdiri dari beberapa komponen dan bagian diantaranya adalah sebuah tube (tabung besar),kemudian pompa,dinamo yang dilapisi seperti batu semen.modul elektronik yang berfungsi untuk memprogram bagaimana kita setting pengaturan waktu pencucian dan pemerasan pakaian,kemudian pada mesin cuci digital otomatis ini juga dapat di program apabila ada serta kain yang kasar maupun halus agar tidak mengurangi dan membuat rusak mesin cuci diharapkan di ukur dan di program sesuai takaran dan beban.

Cara memperbaiki mesin cuci otomatis

Dengan komposisi yang baik maka akan membuat sebuah kinerja mesin cuci menjadi tahan lama dan awet.Kebanyakan yang sering kita temui dilapangan,kerusakan pada mesin cuci otomatis ini adalah sering terjadi pada sekring atau fuse,bisa juga modul program elektronik.Tetapi kemungkinan kerusakan pada mesin cuci otomatis dapat diatasi apabila kita menggunakannya sesuai pemakaian.

Dan apabila ada kerusakan untuk mesin cuci otomatis digital ini biaya perbaikan lumayan mahal,apalagi jika yang terkena adalah modul nya.Untuk yang tidak mau pusing dan susah-susah membongkar pasang mesin cuci tersebut serahkan saja pada tenaga ahli atau jasa service mesin cuci seperti Adiba Electro Service di Jatibening.

Demikianlah jenis dan cara kerja,serta how to memperbaiki mesin cuci otomatis secara garis kecilnya saja.

2. Cara Kerja Mesin Cuci Satu Tabung

Salah satu jenis mesin cuci satu tabung yaitu mesin cuci bukaan atas atau top loading merupakan contoh mesin cuci satu tabung yang semi otomatis karena ketika proses pencucian telah selesai, kita harus memeras cucian menggunakan tangan untuk membuang kandungan air berlebih sebelum mengeringkannya.

Cara memperbaiki mesin cuci satu tabung

Pada diagnosa dan kasus-kasus yang kita temui dilapangan kerusakan mesin cuci satu tabung ini sering terjadi pada sekering,komponen,atau timer tapi tidak mustahil juga kerusakan itu terjadi pada dinamo mesin cuci.

Cobalah cek setiap bagian kabel menuju fuse kemudian cek kabel-kabel ke dinamo.Dan apabila dinamo mengalami kerusakan segera service atau ganti,begitupun halnya apabila terjadi pada sekering (fuse).

3. Cara Kerja Mesin Cuci Dua Tabung

Prinsip kerja mesin cuci 2 tabung yaitu satu tabung berfungsi untuk mencuci pakaian dan tabung lainnya berfungsi untuk memutar kering pakaian.Mesin cuci 2 tabung juga merupakan contoh mesin cuci semi otomatis karena kita tidak perlu memindahkan cucian dari tabung cuci ke tabung putar seusai proses pencucian.

⏸ Silahkan Baca Juga : Pengobatan Terapi Listrik di Bekasi

Dengan jenis mesin cuci ini, kita tidak perlu memeras kering pakaian hasil pencucian menggunakan tangan. Tabung putar melakukan tugas ini dengan memutar cucian pada kecepatan tinggi untuk membuang kandungan air pada pakaian, prinsipnya mengurangi kandungan air yang banyak.

Jadi kita juga bisa mengatur berapa lama pakaian akan diputar atau memerasnya dalam putaran mesin. Proses cara kerja mesin cuci dua tabung ini akan membantu mempercepat proses penegeringan atau penjemuran pakaian.

Cara memperbaiki mesin cuci dua tabung

Sama halnya dengan mesin cuci satu tabung tetapi pada komponen dan bagian terdiri dari dua spin atau dinamo yang bergerak bergantian.Tips dari kami adalah jangan menghidupakan spin pengering dan pemutar cucian secara bersamaan karena akan membuat banyaknya arus listrik yang mengakibatkan kerusakan pada dinamo mesin cuci.

Demikianlah sedikit info mengenai jenis-jenis,cara kerja mesin cuci dan tips memperbaiki mesin cuci.Pada kesempatan lainnya kami akan bahas lagi tentang alat elektronika atau seputar kendala mesin cuci.

Terimakasih semoga bermanfaat wabillahi taufiq wal hidayah wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarookatuuh...

Artikel ini berisi tentang : cara kerja mesin cuci,cara kerja mesin cuci otomatis,cara kerja mesin cuci satu tabung,cara kerja mesin cuci dua tabung,cara memperbaiki mesin cuci,jenis-jenis mesin cuci

Posting Komentar untuk "Jenis dan cara kerja mesin cuci serta cara memperbaikinya"