Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara kerja televisi di rumah

Televisi ATAU TIVI PADA PENYEBUTANNYA ADALAH TV merupakan salah satu media hiburan yang banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Tetapi banyak sekali pengguna televisi yang dapat mengetahui cara kerjanya.

Untuk menghasilkan gambar dan suara dari sebuah perangkat komponen elektronik ini, prosesnya tidak semudah hanya dengan memencet tombol powernya saja.


Inilah nama komponen tivi

Televisi (TIVI) memiliki komponen-komponen yang saling berhubungan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Televisi bekerja untuk menyajikan gambar dari berbagai macam channel (stasiun tv kesukaanmu)

Berikut adalah beberapa komponen yang terdapat pada pcb atau mainboard televisi seperti : power,tunner,antena,rangkaian penguat audio,rangkaian video,plasma pada tivi tabung,plyback dan lainnya yang rumit pada jalur ataupun skemanya.

Baiklah Adiba Service akan membahas singkat beberapa komponen dan acara kerjanya simak baik-baik dan silahkan di pelajari :

Bagaimana sebuah Televisi Dapat bekerja

Mengutip dari beberapa sumber di google prinsip dan cara kerja televisi adalah menerima sinyal magnetik dan merubahnya sehingga menjadi suatu gambar dan suara.Gelombang eleketromagnetik merupakan hasil dari pertemuan antara medan magnet dan medan listrik sehingga dapat menghasilkan gambar dan suara dan menghasilkan sinyal televisi.

Jadi cara kerjanya ini secara ringkas dijelaskan adalah antena akan menangkap gelombang dari stasiun televisi. Sinyal yang dipancarkan tersebut akan dialirkan ke kabel antena yang terdapat di televisi.

⏸ Silahkan Baca Juga : Info Tentang Kesehatan

Dikarenakan banyaknya stasiun televisi, maka dibutuhkan pemisah gelombang di setiap stasiun. Pemisah gelombang ini disebut dengan channel. Adapun sirkuit yang bertugas untuk memisahkan channel disebut dengan tunner.

Sinyal yang ditangkap oleh televisi selanjutnya akan diproses ulang menggunakan bantuan kamera televisi.

Kemudian, akan muncul tiga warna utama, yakni merah, biru, dan hijau yang menuju tabung sinar katoda.Apabila cahaya ditampilkan di layar, maka gelombang suara akan diproses dan dikeluarkan pada alat yang disebut dengan speaker. Dengan begitu, kamu bisa menikmati tontonan yang dilengkapi dengan suara dan gambar.

Komponen Televisi


Berikut adalah beberapa komponen televisi beserta fungsinya:
  • Antena: Menerima gelombang yang disalurkan stasiun televisi
  • Sirkuit penembak elektron: Bertugas untuk menangkap sinyal gambar untuk diproses ulang dengan memakai kamera televisi.
  • Speaker: alat yang digunakan untuk menyaring dan mengeluarkan sinyal suara.
  • Catu daya: mengubah arus AC menjadi arus DC dan menyalurkannya ke seluruh rangkaiannya.
  • Tunner: Memperkuat frekuensi sebagai penerima sinyal
  • Detektor Video: Mendeteksi sinyal video komposit yang keluar dari penguat IF untuk menampilkan gambar.
  • Automatic Gain Control (AGC): Memperkuat input yang dilakukan dengan sistem otomatis
Secara garis besar, prinsip kerja televisi adalah mengubah sinyal magnetik dan elektronik menjadi suara dan gambar.
Dengan begitu, kamu bisa menonton televisi dengan suara dan gambar yang jernih.

Apabila anda membutuhkan jasa service/servis repair tv(televisi) baik itu lcd-led,tabung plasma dari berbagai macam model dan merk silahkan hubungi kami 0895-3373-48331

Posting Komentar untuk "Cara kerja televisi di rumah"